Aplikasi Gencil Layani Laporan Warga 24 Jam
9 March 2017
Pontianak Segera Jadi Kota Pintar
9 March 2017

PDS Gagas Aplikasi pertama di Indonesia

Warga Kota Pontianak kini tak perlu bingung jika memiliki keluhan. Pemerintah Kota Pontianak, lewat Pontianak Digital Stream (PDS) telah membuat Gencil. Aplikasi berbasis ios dan android yang bisa diunduh secara bebas melalui ponsel pintar.

Tersedie enam fitur dalam gencil , tang antaranye , kuliner , tempat , event , berite , info pangan dan laporan. untok yang terakhér , tuh bagian dari e-laporan warga atau e-lawar.

Melalui fitur tu , warga bise melaporkan langsong ke Pemkot tentang keluhan yang dihadapi. Bukan cume melapor , warga gak bise nengok langsong lini masa laporan-laporan yang masuk.

Direkrut pds , Hermawan abés peluncuran Pontive Center nerangkan-e masarakat tinggal moto-ek kendala yang dihadapi , misal-etengah jalan belubang , poto-ek jalan itu yang bise langsong tang unggah lewat fitur laporan.

“nantinye muncol kategori , kalok kerusakan jalan , make pileh infrastruktur kote , make laporan cukopkan masok ke Pontive Center dan diteruskan ke dinas tekaét oleh admin , ” terangnye , Selasa (28/2).

Menurutnye , masarakat dapat aporannye ape jak , dan nak dilempar ke divisi mane , lalu ade sub divisinye , lalu dilakukan pengecekan tang lapangan. kalok terimak laporan cukopkan diproses , tapi kalok tadak sesuai ngan laporan , make tak ditolak.

Dalam penerimaan dan penolakan laporan , Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas tekaét cukopkan ngasik-ek keterangan lanjutan. ape yang jadi masalah atau respon ngan laporan. ke reti-e , masarakat bise langsong berkomunikasi ngan pemerintah.

Layanan ni , kate-e bise dipakai 24 jam , selanjutnye untok ke depan cukopkan dilakukan terus pengembangan. Versi beta yang ade kini pon udah bise diunduh warga.

Gencil sorang tuh singkatan dari goverment and smart city landmark. Gencil dalam bahasa Melayu Pontianak, juga berarti mudah. Gencil akan menjadi landmark kota di dunia digital, selayaknya Tugu Khatulistiwa di dunia nyata.

“ketika kite nak tau isik kote itu dari dunie maya , make itu cukop ngan aplikasi gencil , dan tang situk tergabung dari beberape instansi , jarang-jarang ade apliaksi yang bise diajak-e instansi pemerintah , kepolisian , perusahaan perbankan tergabung dari sutik sistem ataupun satu wadah , dan ni baru pertame kali di endonesa , ” pungkasnya.

sumber : thetanjungpuratimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *