Semakin Dekat dengan Warga Melalui Gencil
11 March 2017
Klaim atau Keluhan Bisa Akses Aplikasi Gencil BPJS Ketenagakerjaan Melalui Smartphone
11 March 2017

Pemkot Pontianak Luncurkan Aplikasi Penampung Keluhan Masyarakat

KORPRI.ID – Masyarakat Kota Pontianak kini tidak perlu bingung jika memiliki keluhan, karena Pemerintah Kota Pontianak melalui Pontianak Digital Stream (PDS) telah membuat aplikasi ‘Gencil’.

Aplikasi ini berbasis ios dan android yang bisa diunduh secara bebas melalui ponsel pintar. Kehadiran ‘Gencil’ diharapkan untuk melayani berbagai keluhan dan laporan masyarakat kota itu.

Direktur PDS, Hermawan mengatakan, tersedia enam fitur dalam Gencil, diantaranya, kuliner, tempat, event, berita, info pangan dan laporan, dan yang terakhir, merupakan bagian dari e-laporan warga atau e-lawar.

Melalui fitur itu, lanjutnya, masyarakat bisa melaporkan langsung ke Pemkot tentang keluhan yang dihadapi. Bukan cuma melapor, warga juga bisa melihat langsung lini masa laporan-laporan yang masuk tersebut.

“Masyarakat tinggal foto kendala yang dihadapi, misalnya jalan berlubang, foto jalan tersebut dan unggah lewat fitur laporan, nantinya akan muncul kategori, jika kerusakan jalan, maka pilih infrastruktur kota. Nantinya laporan akan masuk ke Pontive Centre dan diteruskan ke dinas terkait oleh admin,” kata Hermawan di Pontianak, Rabu (1/3/2017).

Ia mengatakan, dalam penerimaan dan penolakan laporan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas terkait akan memberikan keterangan lanjutan. Apa yang jadi masalah atau respon terhadap laporan, artinya, masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan pemerintah.

Layanan yang bisa digunakan 24 jam, ke depan akan dilakukan terus pengembangan. Gencil merupakan singkatan dari goverment and smart city landmark. Gencil dalam bahasa Melayu Pontianak, juga berarti mudah. Gencil akan menjadi landmark kota di dunia digital, selayaknya Tugu Khatulistiwa di dunia nyata.

“Ketika kita ingin tahu isi kota itu dari dunia maya, maka itu cukup dengan aplikasi Gencil, dan disitu tergabung dari beberapa instansi, jarang-jarang ada apliaksi yang bisa mengajak instansi pemerintah, kepolisian, perusahaan perbankan tergabung dari satu sistem ataupun satu wadah. Ini baru pertama kali di Indonesia,” ujarnya.

Gencil masuk dalam pengembangan Pontive Centre, pusat komando Pemerintah Kota Pontianak. Selain menyediakan sarana laporan dan info kota, di Pontive Centre seluruh CCTV kota dipantau. Data-data OPD pun akan terpusat di sini. Ruangannya terletak di samping ruang wali Kota Pontianak. Selain dilengkapi pemantau CCTV, Pontive Centre juga bisa untuk teleconference.

sumber : https://korpri.id/berita/3167/pemkot-pontianak-luncurkan-aplikasi-penampung-keluhan-masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *